Index Labels

Review Of The Day

. . Tidak ada komentar:

Melihat tayangan di Bloomberg TV Indonesia, di acara "out of the box" dengan narasumber ibu Noni Sri Aryanti Purnomo BEng MBA, generasi ketiga dari perusahaan taxi Blue Bird Group sebagai vice president of business development. Sangatlah menarik dan penuh dengan tayangan semangat akan hari-hari ke depan yang penuh dengan tantangan. Mulai dari bagaimana beliau menata Blue Bird Group yang besar dengan karyawan sudah mencapai ribuan orang.

Dan dengan cara apa saja yang beliau lakukan dalam ikut membesarkan Blue Bird Group. Ada suatu anggapan bahwa generasi pertama adalah generasi yang merintis usaha dan mengawali usaha, dilanjutkan dengan generasi kedua yang membesarkan usaha lalu generasi ketiga yang biasanya menghancurkan usaha tersebut. Anggapan tersebut nyatanya tidak berlaku bagi seorang Noni Purnomo nama beken beliau. Di tangannya pengembangan usaha Blue Bird Group semakin berkembang, malahan dengan sense of business yang beliau punyai, Blue Bird Group semakin berkembang hingga ke seluruh pelosok Nusantara.

Belum lagi beliau bercerita tentang bagaimana mendidik tiga putrinya yang masih membutuhkan dirinya untuk berbagi kasih di sela-sela kesibukannya mengurus Blue bird Group. Ketiga putrinya selalu diberi reward untuk sebuah pencapaian yang positif. Misalnya tidak menangis untuk hal-hal yang tidak perlu ditangisi mendapat satu kupon. Kalau untuk putrinya yang sudah remaja reward-nya adalah jika dia mau membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, misalnya menyapu, mencuci piring. Maka dia juga mendapat satu kupon juga. Nilai sebuah kupon ditentukan sendiri oleh ibu Noni Purnomo kisaran seharga Rp 75.000,-setiap kuponnya. Sering putrinya kalau berjalan di pusat perbelanjaan selalu bertanya kepada beliau. "Mama, kalau aku ingin boneka itu, perlu berapa kupon ya ?"

Ibu Noni Purnomo selalu memberikan suatu tugas untuk putrinya yaitu untuk menuliskan cerita di dalam sehari yang beliau sebut dengan "review of the day” yaitu menuliskan apa saja yang terjadi di dalam hari itu. Dengan review of the day maka bisa diketahui apa saja yang terjadi dalam sehari itu. Review of the day masih dibagi pula menjadi good news of the day dan bad news of the day dan putrinya juga menambahkan tentang funny news of the day.

Menarik juga apa yang dilakukan oleh ibu Noni Purnomo di dalam mendidik putrinya, untuk mulai sejak usia muda sudah diajarkan tentang menghargai sebuah value.

Saya seolah ingin menjadi putrinya dan akan bercerita apa saja yang terjadi di dalam kehidupan saya. Memang sudah sejak lama saya mempunyai buku diary untuk menuliskan apa saja yang terjadi di dalam kehidupan saya. Mulai hal-hal baru yang saya ingin kerjakan di dalam hari itu. Juga saya tuliskan kejadian-kejadian yang tidak enak sampai membuat saya menggerutu kembali saat saya membaca ulang tulisan-tulisan saya itu.

Saya juga tuliskan hal-hal yang indah yang membuat saya selalu tersenyum mengingat kejadian-kejadian lucu dan unik di dalam kehidupan saya. Memang menulis di diary kita sendiri akan membuat kita semakin mengenal siapa diri kita sebenarnya. Dan membuat hidup ini semakin tertata dan semakin rapi saja. Kapan hal-hal yang tidak enak terjadi dan pastinya kita tidak akan mengulang hal itu terjadi lagi, apa dan kenapa dan bagaimana cara pemecahannya.

Tahun 2013 sudah semakin senja menuju ke malam hari, mentari tahun 2014 sudah menanti menunggu waktu yang tepat untuk bersinar. Mengambil semangat dari ibu Noni Purnomo, mari kita semua mengadopsi apa yang disebut dengan review of the day-nya ibu Noni. Coba ajak pikiran kita semua jauh menerawang terhitung 365 hari ke belakang. Berarti saat itu kita semua berada di bulan Desember 2012 dan menjelang tahun baru 2013. Saat itu dimana posisi saudara? Sedang dalam keadaan baik atau malah saat itu saudara dalam keadaan terpuruk? Apa yang menjadi harapan dan keinginan untuk memasuki menjelang tahun baru 2013? Apa ketakutan saudara saat menjelang tahun yang baru saat itu?

Hari ini, keadaan yang sama seperti tahun-tahun lalu selalu berulang lagi. Ada yang berani menghadapi tahun yang baru dengan optimisme yang kuat dan ada pula yang sangat berputus asa menghadapi tahun yang baru. Ada yang tahun lalu sedang dalam keadaan jatuh dan remuk redam ada juga yang tahun lalu sedang berada di puncak karir dan kesuksesannya. Ada yang tahun lalu dalam keadaan putus cinta dan patah hati dan ada pula yang tahun lalu sedang berbunga-bunga hatinya dengan cintanya yang abadi. Ada yang tahun lalu tidak bisa membayar kewajibannya sebagai debitur di bank ada pula yang tahun lalu sedang menumpuk deposito seolah terlalu banyak uang cash yang diperolehnya. Saya tidak tahu di mana posisi-posisi kita di tahun lalu menjelang tahun yang baru. Hanya saudara sendiri yang bisa menambahkan apa saja yang dilakukan saudara di tahun lalu.

Setelah semua berjalan saudara dan saya dihadapkan dengan kenyataan yang sudah kita jalani hampir menjelang garis finis di tahun 2013.Yang tahun lalu sedang sakit apakah hari ini masih sakit? Yang tahun lalu sedang patah hati apakah hari ini masih sakit hati? Yang tahun lalu belum bisa membayar angsuran apakah hari ini sudah terlunasi hampir sebelas bulan berjalan? Yang tahun lalu sehat walafiat apakah hari ini masih segar bugar? Yang tahun lalu sedang mendapatkan cintanya apakah hari ini cintanya masih abadi? Yang tahun lalu sedang menumpuk deposito apakah hari ini masih tidak terpakai depositonya? Coba saudara sendiri yang jawab. Adakah mimpi-mimpi di tahun lalu belum terwujud sampai di pengujung tahun ini?

Saudara dan saya semuanya masih mempunyai harapan yang baru lagi. Energi yang baru lagi. Yang tahun lalu belum tercapai sebuah mimpi atau keinginan. Tahun depan saatnya untuk meraih mimpi-mimpi itu menjadi sebuah kenyataan. Buat "review of the day" saudara sendiri. Pisahkan menjadi good news of the day dan had news of the day dan tambahkan funny of the day. Bahkan saudara bisa untuk memodifikasi dengan taste of the day, sinergi of the days, love of the day dan sebagainya.

Tahun yang bani selalu datang menggantikan tahun yang lama, dan hal tersebut bukanlah hal yang istimewa. Yang harus saudara dan saya isi adalah apa saja yang telah saudara dan saya lakukan di dalam mengisi hari-hari tersebut menjadi rajutan yang kuat menuju kepada ikatan satu tahun. Tergantung saudara semua yang mau mengisi "review of the day" nya sendiri-sendiri. Semoga bermanfaat! Selamat Tahun baru! (housemusic-jember@gmail.com) 

* Ang Tjing Kwang / Agus Susanto adalah ketua Ikatan Pengusaha Jember (IPJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar