Index Labels

STIE Mandala Jember Jadi PTS Unggulan Jatim

. . Tidak ada komentar:

JEMBER - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala Jember mencatatkan prestasi membanggakan. Perguruan tinggi swasta berbasis ekonomi terbesar di Jember itu meraih peringkat enam di Kopertis Wilayah 7 Jawa Timur (Jatim). STIE Mandala mengalahkan 143 sekolah tinggi di Jatim. Kini, STIE Mandala menjadi salah satu PTS unggulan di Jatim.

Keberhasilan STIE Mandala Jember itu tak lepas dari kreatifitas dari jajaran pimpinan, karyawan, dosen dan mahasiswanya. Peringkat enam itu menunjukkan STIE Mandala memiliki kelembagaan dan tata kelola yang baik. Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat aktif. Dan ketiagaan kemahasiswaan sangat hidup.

"Kami memang berada di peringkat enam terbaik di Jawa Timur" ungkap Ketua STIE Mandala Jember Dra Agustin HP SE MM. tidakmudah untuk masuk peringkat enam besar Jatim. Mengingat jumlah sekolah tinggi di Jatim lebih dari 144 lembaga yang tersebar di 38 kabupaten/ Kota. STIE Mandala hanya kiah dari STIE Perbanas Surabaya, STIE Indonesia Surabaya, STMIK Surabaya, STIE Malangkucecwara.

Agustin menjelaskan, keberhasilan STIE Mandala di peringkat enam Jatim juga membuat kampus yang beralamat di Jalan Sumatera Jember tersebut mampu bersaing dengan PTS lain. Indikasinya, STIE Mandala banyak mendapatkan dana hibah kompetisi dari DIKTI Kementerian Pendidikan Kebudayaan RIi.

“Kita banyak menerima hibah hasil kompetisi seperti program hibah pengembangan (PHP) perguruan tinggi swasta untuk pengembangan mutu dan manajemen internal," imbuhnya. Untuk menyambut era globalisasi, STIE Mandala, baik dosen maupun mahasiswa sangat aktif mengirimkan proposal ke DIKTI.

Sejumlah proposal yang diusulkan 90 persen sukses. Hanya 1-2 proposal yang belum berhasil. Karena itu, STIE Mandala sebagai PTS berbasis ekonomi terbesar di Jember terus menggalakkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tak heran, STIE Mandala juga mendapatkan hibah kompetisi berupa program belajar bekerja terpadu. Ada 15 mahasiswa yang belajar, bekerja terpadu. Selain itu, ada juga program penguatan kelembagaan kantor urusan Intenasional (PKKUI). Harapannya, jalinan kerjamasa internasional tambah berkembang lebih pesat. STIE Mandala kini sudah bekerjasam dengan RMUTT Thailand.

Tak hanya itu, melalui lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STIE Mandala banyak mendapatkan program dari pemerintah dan stakeholder. Antara lain mengirimkan 4 dosen dalam pengabdian Iptek Bagi Kewirausahaan (IBK), kemudian Iptek Bagi Masyarakat (IBM).

Bahkan, STIE Mandala juga dipercaya mendapatkan beasiswa unggulan (BU) untuk mahasiswanya. Tiap tahun puluhan mahasiswa STIE Mandala mendapatkan beasiswa BU. Tak heran, banyak lulusn SMA/SMK yang ngantre dan harus ikut tes untuk menerima BU. Selain itu, STIE Mandala juga menerjunkan 15 mahasiswa dalam KKN di lapas Kelas II A Jember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar